Kivlan Zein : The Negosiator

Nama Mayjend (Purn) Kivlan Zein mendadak rame dibicarakan orang setelah 10 orang WNI yang selama lebih dari 40 hari ditawan Pemberontak Abu Sayyaf dibebaskan. Kivlan Zein, menjadi bagian penting dari semua pihak yang berupaya untuk melakukan negosiasi dengan pihak Abu Sayyaf.

Kivlan Zein, Purnawirawan Jendral Bintang Dua yang terakhir menjabat sebagai Pangkostrad, menyampaikan bahwa proses negosiasi melibatkan banyak baik dari Indonesia maupun Philipina. Dalam proses negosiasi tersebut, Kivlan Zein memanfaatkan kedekatannya dengan Nur Misuari Pimpinan The Moro National Liberation Front (MNLF). Melalui Nur Misuari, proses negosiasi dilakukan. Bahkan bukan hanya Nur Misuari, Gubernur Zulu, Toto Tan juga ikut membantu proses pembebasan sandera ABK Kapal Brahma 12 tersebut. Toto Tan, yang masih keponakan dari Nur Misuari membantu proses evakuasi sandera yang dikirim oleh kelompok Abu Sayyaf ke rumahnya.

Kivlan Zein mengungkapkan sebenarnya pihak perusahaan telah menyiapkan uang tebusan sesuai tuntutan pihak Abu Sayyaf. namun uang yang sempat dibawa oleh Budiman, kurir perusahaan pemilik kapal Brahma 12 tidak dipergunakan karena keberhasilan dalam proses negosiasi.

Hal ini semakin menunjukkan kemampuan seorang Kivlan Zein sebagai seorang Negosiator ulung, yang mampu menggunakan semua jaringannya untuk membebaskan sandera ABK Brahma 12. saat ini tugas belum selesai karena masih ada 4 orang WNI lagi yang masih ditawan kelompok Abu Sayyaf.

Related Posts

About The Author

Add Comment